PROFIL PEMBELAJAR BAHASA
Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun oleh :
Devya Erfitri
Rahmadhani (16188201034)
PBSI 2016 B
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun
Akademik 2018/2019
Profil Pembelajar Bahasa
Menurut teori Piaget proses kematangan merupakan
kontinuitas berdasar pertumbuhan sebelumnya. Walaupun tahp-tahap tersebut
dibatasi dalam suatu periode, semuanya bisa tumpang tindih dan sekali-kali
tidak persis atau terikat oleh usia tertentu. Dalam hal ini, telah muncul
kontroversi, apakah tahap-tahap perkembangan kognitif itu dapat dipercepat
melalui penciptaan pengalaman yang sesuai. Terdapat bukti yang mendukung
pendapat bahwa latihan-latihan yang terprogram tidak dapat menggantikan
pengalaman yang amat banyak yang terjadi sehubungan dengan usia kematangan.
Teori Piaget sesuai dengan
tugas pengajar dalam memahami bagaimana peserta didik mengalami perkembangna
intelek dan menetapkan kegiatan kognitif yang harus ditampilkan pada
tahap-tahap fungsi intelektual yang berbeda. Pemahaman ini akan lebih membantu
guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik formal, yaitu pendidik yang
membina peserta didik dalam kondisi terancang disertai dengan penetapan
kualitas hasilnya (evaluasi) antara lain melalui tes. Banyak hal yang
menentukan kualitas hasil belajar peserta didik yang secara dikotomi
diklasifikasikan atas faktor endogen dan eksogen. Dari dua unsur tersebut lahir
salah satu hal yang amat dikenal dalam hal belajar, yaitu kesiapan (readiness), yaitu kemampuan untuk
berformasi dalam melaksanakan tugas tertentu sesuai dengan tuntutan situasi
yang dihadapi. Sedikitnya, terdapat tiga unsur yang mempengaruhi kesiapan,
yaitu:
1.
Kesiapan fisik, antara lain urat-urat saraf dan otot;
2.
Kejiwaan, antara lain bebas dari konflik emosional; dan
3.
Pengalaman, berhubungan dengan keterampilan-keterampilan yang dipelajari
sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar