PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
BAHASA
Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun oleh :
Devya Erfitri
Rahmadhani (16188201034)
PBSI 2016 B
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun
Akademik 2018/2019
Strategi adalah
ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa-bangsa untuk melaksanakan
kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai. Yang dianggap berkaitan langsung
dengan pengertian strategi dalam pengajaran bahasa ialah bahwa strategi
merupakan rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Belajar
berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Proses belajar itu terdiri
dari tiga tahapan, yaitu:
1.
Informasi, yaitu proses penjelasan, penguraian, atau pengarahan mengenai
prinsip-prinsip struktur pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
2.
Transformasi, yaitu proses pengalihan atau perpindahan prinsip-prinsip
struktur tadi ke dalam diri anak.
3.
Evaluasi
Strategi
pembelajaran meliputi kegiatan atau pemakaian teknik yang dilakukan oleh
pengajar mulai perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai ke tahap evaluasi,
serta program tindak lanjut yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk
mencapai tujuan tertentu, yaitu pengajaran. Klasifikasi strategi pembelajaran
adalah pengelompokan strategi pembelajaran berdasarkan segi-segi yang sejenis
yang terdapat dalam setiap strategi pembelajaran. Pengelompokan ini dapat
dilakukan berdasarkan komponen-komponen yang terdapat dalam proses
pembelajaran. Komponen-komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran yaitu
tujuan pengajaran, pengajar, peserta didik, materi pelajaran, metode
pengajaran, media pengajaran, faktor administrasi dan finansial, jenis strategi
pembelajaran.
Salah satu tugas
pengajar dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih dan menentukan strategi
pembelajaran yang akan digunakanya. Hal ini berimplikasi bahwa seorang pengajar
harus memahami dan menguasai berbagai jenis strategi pembelajaran.
·
Strategi pembelajaran berdasarkan penekanan komponen dalam program
pengajaran
1.
Strategi pembelajaran yang berpusat pada pengajar
2.
Strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
3.
Strategi pembelajaran yang berpusat pada materi pengajaran
·
Strategi pembelajaran berdasarkan pada kegiatan pengolahan pesan atau
materi
1.
Strategi pembelajaran ekspositoris
2.
Strategi pembelajaran heuristik atau kurioristik
·
Strategi pembelajaran berdasarkan cara pengolahan pesan atau materi
1.
Strategi pembelajaran deduksi
2.
Strategi pembelajaran induksi.
·
Strategi pembelajaran berdasarkan cara memproses penemuan
1.
Strategi pembelajaran ekspositoris
2.
Strategi pembelajaran penemuan (discovery)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar