Kamis, 28 Maret 2019


PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BAHASA


Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
                                                                         



Disusun oleh :
Devya Erfitri Rahmadhani (16188201034)
PBSI 2016 B
         
                             
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019




Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa-bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai. Yang dianggap berkaitan langsung dengan pengertian strategi dalam pengajaran bahasa ialah bahwa strategi merupakan rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Belajar berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Proses belajar itu terdiri dari tiga tahapan, yaitu:
1.      Informasi, yaitu proses penjelasan, penguraian, atau pengarahan mengenai prinsip-prinsip struktur pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
2.      Transformasi, yaitu proses pengalihan atau perpindahan prinsip-prinsip struktur tadi ke dalam diri anak.
3.      Evaluasi
Strategi pembelajaran meliputi kegiatan atau pemakaian teknik yang dilakukan oleh pengajar mulai perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai ke tahap evaluasi, serta program tindak lanjut yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu pengajaran. Klasifikasi strategi pembelajaran adalah pengelompokan strategi pembelajaran berdasarkan segi-segi yang sejenis yang terdapat dalam setiap strategi pembelajaran. Pengelompokan ini dapat dilakukan berdasarkan komponen-komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran. Komponen-komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran yaitu tujuan pengajaran, pengajar, peserta didik, materi pelajaran, metode pengajaran, media pengajaran, faktor administrasi dan finansial, jenis strategi pembelajaran.
Salah satu tugas pengajar dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih dan menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakanya. Hal ini berimplikasi bahwa seorang pengajar harus memahami dan menguasai berbagai jenis strategi pembelajaran.
·         Strategi pembelajaran berdasarkan penekanan komponen dalam program pengajaran
1.      Strategi pembelajaran yang berpusat pada pengajar
2.      Strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
3.      Strategi pembelajaran yang berpusat pada materi pengajaran
·         Strategi pembelajaran berdasarkan pada kegiatan pengolahan pesan atau materi
1.      Strategi pembelajaran ekspositoris
2.      Strategi pembelajaran heuristik atau kurioristik
·         Strategi pembelajaran berdasarkan cara pengolahan pesan atau materi
1.      Strategi pembelajaran deduksi
2.      Strategi pembelajaran induksi.
·         Strategi pembelajaran berdasarkan cara memproses penemuan
1.      Strategi pembelajaran ekspositoris
2.      Strategi pembelajaran penemuan (discovery)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NIKMATI PROSES, RAYAKAN PERJALANAN

Terlahir sebagai Gen Z dan sedang memasuki era quarter life crisis merupakan sebuah tantangan dalam hidup. Beberapa ciri anak Gen Z adalah ...