PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun oleh :
Devya Erfitri
Rahmadhani (16188201034)
PBSI 2016 B
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun
Akademik 2018/2019
PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN
Kegiatan pembelajaran merupakan
kegiatan memberikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pengajaran yang
telah ditetapkan, baik kawasan belajar kognitif, efektif maupun psikomotor.
Baik pengajar maupun dosen perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan
merencanakan kegiatan pembelajaran, atau yang sering kita sebut seni memberikan
pengalaman belajar. Kegiatan pembelajaran ini dapat memunculkan berbagai macam
pula, baik berdasarkan jumlah peserta didik maupun interaksi antar peserta
didik dan antar pengajar.
Pemilihan
pola kegiatan pembelajaran perlu dilaksanakan agar tujuan pengajaran baik umum
maupun khusus dapat tercapai, baik landasan kognitif, psikomotor maupun
afektifnya. Tujuan yang hendak dicapai berupa bentuk-bentuk tingkah laku yang
diinginkan peserta didik setelah terjadinya PBM. Bahan pelajaran dapat
mengantarkan peserta didik dalam pencapaian tujuan; bagaimana PBM yang
dilaksanakan agar pengajar dan peserta didik mencapai tujuan yang efektif, dan
bagaimana menciptakan evaluasi yang tepat. Dapat dibayangkan, dengan sebuah
perencanaan yang matang KBM dan PBM akan terlaksana dengan baik. Perencanaan,
persiapan sebelum mengajar akan memantapkan pengajar ketika tampil di depan
kelas, perencanaan yang matang juga dapat menimbulkan banyak inisiatif dan daya
kreatif pengajar waktu mengajar, dapat pula meningkatkan interaksi pembelajaran
antara pengajar dan peserta didik. Oleh karena itu, sebuah perencanaan seluruh
proses pembelajaran harus dikuasai seorang pengajar.
Mengajar
bukanlah tugas yang ringan. Dalam mengajar seorang pengajar berhadapan dengan
sekelompok peserta didik yang merupakan makhluk hidup yang memerlukan bimbingan
dan pembinaan untuk menuju kedewasaan. Setelah mengalami proses pendidikan dan
pengajaran, peserta didik diharapkan menjadi manusia dewasa yang
bertanggungjawab, berkepribadian, dan bermoral.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar