Kamis, 23 Mei 2019


PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN


Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
                                                                         
 


Disusun oleh :
Devya Erfitri Rahmadhani (16188201034)
PBSI 2016 B
         
                            

STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019




PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN
            Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan memberikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan, baik kawasan belajar kognitif, efektif maupun psikomotor. Baik pengajar maupun dosen perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan merencanakan kegiatan pembelajaran, atau yang sering kita sebut seni memberikan pengalaman belajar. Kegiatan pembelajaran ini dapat memunculkan berbagai macam pula, baik berdasarkan jumlah peserta didik maupun interaksi antar peserta didik dan antar pengajar.
            Pemilihan pola kegiatan pembelajaran perlu dilaksanakan agar tujuan pengajaran baik umum maupun khusus dapat tercapai, baik landasan kognitif, psikomotor maupun afektifnya. Tujuan yang hendak dicapai berupa bentuk-bentuk tingkah laku yang diinginkan peserta didik setelah terjadinya PBM. Bahan pelajaran dapat mengantarkan peserta didik dalam pencapaian tujuan; bagaimana PBM yang dilaksanakan agar pengajar dan peserta didik mencapai tujuan yang efektif, dan bagaimana menciptakan evaluasi yang tepat. Dapat dibayangkan, dengan sebuah perencanaan yang matang KBM dan PBM akan terlaksana dengan baik. Perencanaan, persiapan sebelum mengajar akan memantapkan pengajar ketika tampil di depan kelas, perencanaan yang matang juga dapat menimbulkan banyak inisiatif dan daya kreatif pengajar waktu mengajar, dapat pula meningkatkan interaksi pembelajaran antara pengajar dan peserta didik. Oleh karena itu, sebuah perencanaan seluruh proses pembelajaran harus dikuasai seorang pengajar.
            Mengajar bukanlah tugas yang ringan. Dalam mengajar seorang pengajar berhadapan dengan sekelompok peserta didik yang merupakan makhluk hidup yang memerlukan bimbingan dan pembinaan untuk menuju kedewasaan. Setelah mengalami proses pendidikan dan pengajaran, peserta didik diharapkan menjadi manusia dewasa yang bertanggungjawab, berkepribadian, dan bermoral.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NIKMATI PROSES, RAYAKAN PERJALANAN

Terlahir sebagai Gen Z dan sedang memasuki era quarter life crisis merupakan sebuah tantangan dalam hidup. Beberapa ciri anak Gen Z adalah ...