Selasa, 02 April 2019


PENDEKATAN DAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA

Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
                                                                         

Disusun oleh:
Devya Erfitri Rahmadhani (16188201034)
PBSI 2016 B
         
                             
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Akademik 2018/2019



PENDEKATAN
            Beberapa pendekatan dalam pembelajaran bahasa pada prinsipnya dapat digunakan untuk pengajaran bahasa Indonesia atau bahasa lainnya, yaitu sebagai berikut: pendekatan tradisional, pendekatan fungsional, pendekatan integral, pendekatan sosiolinguistik, pendekatan psikologi, pendekatan psikolinguistik, dan pendekatan pengelolaan kelas. Empat buah pendekatan mutakhir yang perlu diketahui dan dikuasai oleh para pengajar, yaitu sebagai berikut: pembelajaran bahasa masyarakat, pendekatan respons fisik total, pendekatan alamiah, dan pendekatan diam.
METODE
            Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan (KBBI, 1995). Berikut beberapa metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa, yaitu metode terjemahan tatabahasa, metode membaca, metode audio-lingual, metode reseptif dan produktif, metode langsung, metode komunikatif, metode integratif, metode tematik, metode kuantum, metode konstruktivistik, metode partisipatori, metode kontekstual, metode pembelajaran bahasa komunitas, metode respons fisik total, metode cara diam, dan metode sugestopedia.
TEKNIK
            Teknik adalah cara sistematis mengerjakan sesuatu (KBBI, 1995). Teknik merupakan suatu kiat, siasat, atau penemuan yang digunakan unyuk menyelesaikan serta menyempurnakan suatu tujuan langsung. Teknik harus konsisten dengan metode. Oleh karena itu, teknik harus selaras dan serasi dengan pendekatan.
TEKNIK PENYAJIAN PELAJARAN
            Roestiyah (2001) mengemukakan:
“Teknik penyajian pelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh pengajar atau instruktur. Pengertian lain ialah sebagai teknik penyajian yang dikuasai pengajar untuk mnegajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada peserta didik di dalam kelas agar pelajarn tersebut dapat ditangkap, dipahami, dan digunakan oleh peserta didik dengan baik.”
Macam-macam teknik penyajian itu adalah teknik penyajian diskusi, kerja kelompok, penemuan, simulasi, unit teaching, sumbang saran, inquiry, eksperimen, demonstrasi, karya wisata, kerja lapangan, cara kasus, cara sistem regu, latihan tubian (drill), dan ceramah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NIKMATI PROSES, RAYAKAN PERJALANAN

Terlahir sebagai Gen Z dan sedang memasuki era quarter life crisis merupakan sebuah tantangan dalam hidup. Beberapa ciri anak Gen Z adalah ...