PENDEKATAN DAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA
Dosen Pengampu:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
Disusun oleh:
Devya Erfitri
Rahmadhani (16188201034)
PBSI 2016 B
STKIP PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara No.27-29 Pasuruan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun
Akademik 2018/2019
PENDEKATAN
Beberapa pendekatan dalam
pembelajaran bahasa pada prinsipnya dapat digunakan untuk pengajaran bahasa
Indonesia atau bahasa lainnya, yaitu sebagai berikut: pendekatan tradisional, pendekatan
fungsional, pendekatan integral, pendekatan sosiolinguistik, pendekatan
psikologi, pendekatan psikolinguistik, dan pendekatan pengelolaan kelas. Empat
buah pendekatan mutakhir yang perlu diketahui dan dikuasai oleh para pengajar,
yaitu sebagai berikut: pembelajaran bahasa masyarakat, pendekatan respons fisik
total, pendekatan alamiah, dan pendekatan diam.
METODE
Metode adalah cara kerja yang
bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang
ditentukan (KBBI, 1995). Berikut beberapa metode pembelajaran yang dapat
diterapkan dalam pembelajaran bahasa, yaitu metode terjemahan tatabahasa, metode
membaca, metode audio-lingual, metode reseptif dan produktif, metode langsung,
metode komunikatif, metode integratif, metode tematik, metode kuantum, metode
konstruktivistik, metode partisipatori, metode kontekstual, metode pembelajaran
bahasa komunitas, metode respons fisik total, metode cara diam, dan metode
sugestopedia.
TEKNIK
Teknik adalah cara sistematis
mengerjakan sesuatu (KBBI, 1995). Teknik merupakan suatu kiat, siasat, atau
penemuan yang digunakan unyuk menyelesaikan serta menyempurnakan suatu tujuan
langsung. Teknik harus konsisten dengan metode. Oleh karena itu, teknik harus
selaras dan serasi dengan pendekatan.
TEKNIK
PENYAJIAN PELAJARAN
Roestiyah (2001) mengemukakan:
“Teknik
penyajian pelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang
dipergunakan oleh pengajar atau instruktur. Pengertian lain ialah sebagai
teknik penyajian yang dikuasai pengajar untuk mnegajar atau menyajikan bahan
pelajaran kepada peserta didik di dalam kelas agar pelajarn tersebut dapat
ditangkap, dipahami, dan digunakan oleh peserta didik dengan baik.”
Macam-macam teknik penyajian itu adalah teknik penyajian
diskusi, kerja kelompok, penemuan, simulasi, unit teaching, sumbang saran, inquiry,
eksperimen, demonstrasi, karya wisata, kerja lapangan, cara kasus, cara
sistem regu, latihan tubian (drill),
dan ceramah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar